Kegiatan Pra-SAKSI 2019!

Setiap tahun SMP Labschool Jakarta mengadakan kegiatan untuk meurid-muridnya bernama saksi untuk membangun sifat kepribadian dan kedisipilinan siswa-siswi. Pastinya sebelum SAKSI ada pra-SAKSI. Pra-SAKSI kali ini mulai dari Senin hingga Selasa. Kegiatannya bertujuan untuk menyiapkan kami untuk kegiatan SAKSI nya.
Pada hari Senin kami dating pukul 06.00 dengan celana olahraga dan kaos angkatan, siap untuk memulai hari dengan lari pagi. Kami pertamanya dikumpulkan di lapangan, dan berbaris dengan kelompok masing-masing, kami di absen, dan melakukan pemanasan sebelum lari dipimpin kakak kakak OSIS, MPK dan ROHIS.
 Ketika selesai langsung kami memulai berlari, sesuai kelompok sambil menyanyi lagu-lagu/ yel-yel labschool dan SAKSI, melalui rute biasa kami, melewati UNJ dan balik melalui gerbang/pintu belakang Labschool. Ketika balik, dengan nafas yang terengah-engah, memulai ritual absen lagi. Yang telat yaa diberi sanksi, berlari sekitar lapangan kemudian bertanggung jawab memimpin yel-yel SAKSI yang sudah harus kita hapalkan. Setelah itu kami melaksanakan senam berjamaah, dipimpin guru olahraga kami, seperti biasa yang tidak menari akan ikut memimpin di depan.
Setelah itu kami dikumpulkan dengan KP OSIS masing-masing, untuk membagi tugas mengecat tongkat dan membuat vandel. Saya kebagian tugas membuat vandel tepatnya logo SAKSI dan sisa tugas lainnya, disitu saya bertemu lebih banyak teman, Cha Cha dari kelas 7D, ya benar, Cha pake h, yang antusias membantu dengan membuat logo labschool, Najwa yang memang udah lumayan kenal dari kelas 7E yang superr K-Popers, dan Elviana yang tulisan tangannnya lebih bagus daripada punya saya. 
Logo SAKSI mengambil waktu yang lumayan untuk dibuat tetapi tidak seberapa yang digunakan untuk mencari plastic laminating yang tidak dimiliki kelompokku. Alhamdulilah, KP baik kita rela berjalan jauh-jauh ke UNJ untuk membeli plastiknya. Kegiatan kami terpotong waktu istirahat tetapi setelah istirahat dipanggil oleh tiupan peluit OSIS untuk melanjuti kegiatan lagi.
Setelah 2 jam dan 1 argumentasi dengan kakak OSIS yang telah mengambil nametag-ku, kami selesai membuat vandel dan yang lainnya telah selesai membuat tongkatnya. Hasilnya memuaskan, muka Izaak Huru Doko, pahlawan dari daerah terpilih kami, tertempel rapih di bagian belakang vandel. Kami setelah itu di absen lagi, diberitahukan jadwal kegiatan besok dan dikasih pulang.
Hari Selasa itu kami mengulang pagi kemarin, absen, lari pagi, hukuman untuk yang berdatangan telat dan yel-yel. Tetapi hari ini kegiatannya beda lagi hari ini, hari ini para prajurit Sangga Buana Kostrad Jaya dating untuk mengajarkan kami PBB. Kami dipanggang di lapangan SMP labschool Jakarta, materi PBB yang diajarkan meliputi istirahat di tempat, periksa kerapihan, berjalan di tempat dan berjalan biasa. 
Yak, selama pagi hingga jam 09.00, waktu istirahat, waktu istirahat yang sangat dinikmati karena setelah itu kami akan mengikuti kegiatan dengan prajurit lagi, kegiatan berikutnya merupakan yel-yel ala prajurit Sangga Buana. Kami diajarkan lagu Tangga Tangga Suci dan 'yel-yel kekuatan', arti dari panggilan-panggilan peluit para pelatih dan cara bertiarap, jongkok, berdiri, dan jongkok lagi.
Alhamdulilah, azan zuhur berkumandang. Kegiatan pra-SAKSI berakhir untuk hari ini. Kami melanjuti jam 13.00 hingga pulang dengan pelajaran biasa. Bersiap-siap untuk prasaksi terakhir yaitu pada jam pramuka esok. Pada hari Rabu pra-SAKSI kami adalah untuk membahas kultum, pensi dan kebutuhan lainnya. Sekian untuk cerita pra-SAKSI saya, semoga telah dinikmati!!

Comments

Popular posts from this blog

Bali Euy!

Suka Main Games atau Kecanduan?